Nasional Traffic Management Centre (NTMC) POLRI

Dit Lantas Polda Metro Jaya Jl. Jend. Sudirman Kav. 55 Jakarta Selatan Phone : 021-52960770 Fax : 021-5275090

Nasional Traffic Management Centre (NTMC) merupakan pusat komando/kendali, koordinasi, komunikasi dan informasi yang mengintegrasikan sistem informasi di lima pemangku kepentingan bidang lalu lintas (polri, kementrian pekerjaan umum, perhubungan, perindustrian  dan riset teknologi).

Sebagaimana ditegaskan pada pasal 247 ayat3 UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, korps lalu lintas polri adalah pembina  pengelola dan penanggung jawab  dari pusat kendali sistem informasi  dan komunikasi , lalu lintas  dan angkutan jalan  secara nasional.

Kegiatan NTMC sebagai pusat kendali sistem informasi dan komunikasi dan komunikasi lalu lintas dan angkutan jalan, menurut pasal 249(e) UU No.22 tahun 2009 sekurang-kurangnya meliputi :

  1. Pelayanan kebutuhan data, informasi, dan komunikasi tentang lalu lintas  dan angkutan jalan.
  2. Dukungan tindakan cepat terhadap pelanggaran, atau kemacetan, dan kecelakaan serta kejadian lain yang berdampak terhadap lalu lintas dan angkutan jalan
  3. Analisis, evaluasi terhadap pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas
  4. Dukungan penegakan hukum dengan alat elektronik dan secara langsung
  5. Dukungan layanan surat izin mengemud, Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor
  6. Pemberian informasi hilang temu kendaraan bermotor
  7. Pemberian informasi kualitas baku mutu udara
  8. Dukungan pengendalian lalu lintaas dengan pengaturan, penjagaa, pengawalan dan patroli
  9. Dukungan pengendalian pergerakan lalu  lintas  jalan
  10. Pemberian informasi tentang kondisi dan pelayanan publik.

Tujuan Utama National Traffic Management Centre (NTMC) Polri yang dikelola oleh Korp Lalu Lintas Polri. Tujuan utama NTMC polri ini adalah :

  1. Quick Respons Time, (secara profesional dalam meningkatkan dan mewujudkan juga memelihara KAMSELTIBCARLANTAS)
  2. Pelayanan Penegakan Hukum,
  3. Pusat informasi dan komunikasi yang lebih KAMSELTIBCARLANTAS
  4. Pengendali Lalu Lintas,
  5. Analisa dan Evaluasi Bidang Lalu lintas,
  6. Membantu meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan.

Dalam melaksanakan tugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro politan (Ditlantas) menyelenggarakan pembinaan fungsi lalu lintas bagi seluruh jajaran Polri yang meliputi :

  1. Perumusan / pengembangan sistem dan metode termasuk petunjuk-petunjuk teknis pelaksanaan fungsi lalu lintas serta pemberian arahan dan bimbingan teknis dalam pelaksanaan fungsi lalu lintas kepada satuan-satuan kewilayahan.
  2. Penyelenggaraan pembinaan teknis penegakan hukum termasuk pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli lalu lintas serta penyidikan kecelakaan lalu lintas.
  3. Penyelenggaraan pembinaan teknis dan administrasi, pengendalian dan pelaksanaan registrasi serta identifikasi pengemudi dan kendaraan bermotor, termasuk penyiapan materiil berupa SIM, STNK dan BPKB.
  4. Pembinaan teknis dan pelaksanaan pengkajian segala masalah dalam bidang keteknikan yang menyangkut faktor penyebab kecelakaan lalu lintas, kemacetan dan pelanggaran lalu lintas secara menyeluruh.
  5. Penyelenggaraan pelayanan umum yang menyangkut informasi lalu lintas yang meliputi informasi kendaraan bermotor, pengemudi dan kecelakaan lalu lintas dengan lingkup data seluruh Indonesia.

Kebijakan Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya tentang peningkatan pelayanan Polisi Lalu Lintas terhadap masyarakat oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya diwujudkan dalam suatu sistim organisasi yang handal yang terintegrasi didalam suatu ruangan yang dilengkapi dengan teknologi informasi komputer dan teknologi lainnya, ruangan tersebut dinamakan Traffic Management Centre (TMC). Dalam ruangan TMC di lengkapi dengan  Teknologi Multimedia yang di integrasikan dengan teknologi GPS dan lain- lain  sebagai sarana penunjangnya.

kehadiran Traffic Management Centre ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro politan Jakarta Raya dapat memenuhi harapan masyarakat akan pelayanan kepolisian yang cepat, murah dan profesional.

Program TMC

  1. Pelayanan “Quick Respon Time” secara Profesional terhadap masyarakat.
  2. Analisa Pelanggaran dan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot).
  3. Pusat Informasi SIM, STNK, BPKB bagi Polri dan Masyarakat.
  4. Pusat Informasi kegiatan dan Kemacetan Lalu Lintas.
  5. Pusat Informasi Hilang Temu Kendaraan Bermotor.
  6. Pusat Kendali Patroli Ranmor dalam mewujudkan Keselamatan dan Kamtibcar Lantas.
  7. Pusat Informasi Kualitas Baku Mutu Udara.
  8. Pusat Pengendalian Lalu Lintas.

Teknologi TMC

Tugas para awak Ruangan Traffic Management Centre dititik beratkan sebagai Pusat Komando dan Pengendalian Operasional Kepolisian bidang Lalu Lintas. Seluruh data dari kewilayahan ditampung di ruangan ini yang kemudian diolah untuk siap disajikan. Dengan adanya data yang telah siap disajikan ini diharapkan dapat membantu tugas-tugas Polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Untuk menunjang tujuan utama NTMC polri tersebut, terdapat bagian- bagian teknologi informasi yaitu antara lain : Infrastruktur Sebagai Pendukung Ntmc Polri

  • GIS (Geografical Information System),
  • GPS (Global Positioning System),
  • CCTV (closed circuit television)
  • PC editing
  • TVU/CAMERA
  • PC live streaming
  • Plannar 80 buah.

Program di NTMC perlahan berjalan maksimal. jaringan CCTV pada National Traffic Management Control (NTMC) Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah berfungsi baik, Seperti diketahui, closed circuit television (CCTV) merupakan salah satu bagian dari NTMC Polri, selain aplikasi-aplikasi lainnya seperti GIS, GPS, internet, SMS, STNK, BPKB, dan SIM. Penggelaran CCTV NTMC tersebut dilaksanakan dalam dua tahap. CCTV tahap I (aktif sejak 1 Juli 2010) meliputi 13 titik kamera. Pada CCTV tahap II (aktif sejak 23 Agustus), Selain tersambung ke titik-titik kamera di Pos Polisi (Pospol)/Pos Pengamanan (Pospam), NTMC juga diakses oleh beberapa lokasi/ institusi, antara lain Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta, untuk me-relay kamera yg dimiliki Kemenhub oleh NTMC. Selain itu juga Mabes Polri di Jl Trunojoyo Jakarta serta Pusdalsis (Pusat Komando PAM Lebaran) dengan bandwith 30 mbps yang digunakan untuk memantau lalu lintas melalui kamera CCTV di NTMC.

Media Center (life dari NTMC)

  • MertoTV
  • Radio Elshinta Fm
  • Radio Jak Fm
  • Radio Gen Fm
  • Radio Pas Fm
  • Radio Sonora Fm
  • Radio Cakrawala Fm
  • Radio Trijaya Fm
  • Global Radio Fm.

Media Online

NTMC ini dikendalikan oleh petugas operator baik melalui handy talky (HT), Telepon(021) 500669, Faximile, SMS Center 9119 maupun E-mail. Dan masyarakat dapat mengakses NTMC melalui Official Web, Twitter, Facebook Blogspot

sumber data: MTNC POLRI,Dit Lantas Polda Metro Jaya Jl. Jend. Sudirman Kav. 55 Jakarta Selatan

http://www.tmcmetro.com/profil/traffic-management-center

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco